Have a good day.

Kali ini gw mau sharing tentang pengalaman pertama beli Joystick Xbox 360, Plug n’ Play, untuk port PC di salah satu Marketplace di Indonesia dengan harga yang cukup murah, seratus ribuan aja. Kenapa bisa kepikiran beli ini ketimbang beli stik PS yang harganya patpuluh rebu? alesannya, biar kece.

Alasan sebenarnya bukan karena pengen kece, tapi ada dua alasan. Pertama, stik PS gw yang dual (satu port USB bercabang jadi dua) udah jadi HM—Hak Milik salah satu Sahabat Arya dan kedua, akibat dikompor-komporin sama Sahabat Arya yang lain, dan momennya sungguh pas banget ketika gw abis upgrade PC gaming dan masih ada sisaan game PES 2017 untuk dimainkan.

Langsung aja gw pesen dan transfer terus minta dianterin pake GoJek, gile cuy nggak tega gw pake jasa GoJek yang rela nganter dari Glodok ke kantor gw di Cawang cuma dibayar mabelas rebu pas transfer sama ucapan terima kasih yang tulus dari gw. Hah. Horee stik gw sampe juga.

Tapi akibat masih ada kerjaan jadinya gw belom sempet nyoba stiknya meskipun udah coba di unboxing.

Sesampainya dirumah langsung colok, eh kaga kedetect josystick nya. Cabut colok, masih ga kedetect. Jangankan kedetect, bunyi aja kagak. Dalem hati gw, “wah ketipu nih”, Tapi… dengan insting Troubleshooting yang kuat gw memutuskan untuk mencoba lagi dan lagi sampai akhirnya bisa. Solusinya? simply karena awalnya gw colok joystick di port USB 2.0, namun setelah dicolok ke port USB 3.0 baru bisa. Horeee.

Baru seneng sebentar tapi masalah muncul lagi. Pas lagi coba test iseng pencet-pencet tombolnya, disaat gw pencet Start maka tiba-tiba stick gw jadi ngablu dan indikatornya kedip-kedip sampe nyala semua. Buat kalian yang nggak tau sistem Joystick Xbox 360 itu kayak gimana, jadi di stiknya itu ada indikator lampu kayak begini

Nah, 4 Indikator yang ditengah itu kalo nyala semua tandanya ada yang salah dengan Xbox360 Joysticks nya. Dalam kasus yang gw alami, untuk joystick USB yang Plug n’ Play dan tanpa Baterai, apabila indikatornya menyala semua maka semua tombol jadi nggak berfungsi alias sticknya nggak bisa dipake.

Satu-satunya obat paling di restart (cabut-colok) port USB nya. Tapi setelah gw pencet Start, semua indikator nyala, untuk mempermudah bisa diliat videonya nih (friendly warning: turn down the volume if you wish)

Bisa dilihat kalo tombol start yang ditandai dengan dot angka delapan akan terus menyala meskipun nggak gw pencet. Suspectnya masalah ada di dalemannya nih, soalnya kalo gw teken dan “puter” casing stiknya sedikit keatas, dot gaib yang nyala terus itu akhirnya padam dan gw bisa neken Start dengan normal. Tapi ketika gw menekan tombol start disaat dot gaib itu masih nyala, maka yang gw dapatkan adalah empat buah indikator Xbox360 Joysticks yang Error! kerjaan banget ini.

Detik itu juga gw komplain ke sellernya dan memohon untuk bisa di retur meskipun di Description barangnya itu tertulis dengan capslock –Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar, tapi cuma di read doang sampe besok pagi. Gw yang udah kehilangan kesabaran terpaksa nyobek segel dan mencoba untuk bongkar sendiri tapi nggak ada hasil, karena obengnya kaga ada. Haaaaha. Gini nih bloon’nya, nyobek segel duluan tapi obengnya belom dipikirin (Jangan ditiru guys…) dan tanpa mendramatisir, disaat itu segel udah sobek, si seller baru bales dan mereka bersedia untuk di retur, yang mana tidak akan bisa karena segelnya sudah…

Pagi itu juga gw keluar mau nyari tukang serpis buat ngebongkar Xbox360 Joysticks yang Error ini. Tapi berhubung hari minggu dan cuacanya mendung-mendung mengundang, mungkin banyak toko-toko yang masih belom buka pintu kamar masing-masing, meskipun jam udah menunjukkan pukul 10.00 WIB. Jam segitu gw udah muter-muter Proyek-Agus Salim-Ganda Agung-Perumnas 3-Rawa Kalong, dan dari mulai tukang jual kaset PC, tukang service komputer, tukang jual aksesoris komputer, tukang jual PS, tukang benerin stik PS, semua kagak ada yg berani ngebongkar Xbox360 Joysticks ini. Padahal gw udah bilang “Yaila tinggal bongkar aja bang nanti gw yang benerin dah”…tetep nggak mau abangnya.

Dengan kecewa dan sedikit frustrasi, gw sadar kalo Xbox360 Joysticks seratus ribuan yang Error ini mungkin teguran dari Sang Pencipta. Diawali doa disaat keputus-asaan mendera dan perasaan ikhlas menyadari bahwa semua ini hanya titipan semata, gw coba menekan joystick itu terus dan terus dengan keras, lebih keras dari didikan bapak gw (yang tenang disana, pak) dan akhirnya secara ajaib ini Xbox360 Joysticks BISA digunakan.. Yeah, doa nya orang putus asa itu manjur lho.

Gw coba main PES nya, bisa sih, tapi masih suka kumat. Dan kalo udah kumat biasanya gw teken lagi sedikit dan bisa lagi. Kira-kira begitu terus kejadiannya sampe 3-5 kali dalam sekali main, dan setelah itu Xbox360 Joysticks ini berfungsi normal kaya stik punya orang-orang. Sadis.. sekarang udah sekitar 2 minggu pasca gw beli joystick itu dan belum ada kendala apapun sejauh ini.

Dari sepenggal cerita diatas ya, ada hikmah yang bisa dipetik. Pelajaran pertama jangan sekali-kali nyobek segel suatu barang kalo barang itu masih garansi (dan bisa di retur atau tukar baru). Yang kedua itu, kalo lagi tertimpa masalah lebih baik berjuang dulu semampunya, meskipun nggak seberapa asalkan sudah usaha. Kalo udah mentok, mulailah berdo’a dan berharap yang terbaik dari Sang Pencipta.

Have a good day.